Breaking News

avatar di instagram

Cara Bikin Avatar di Instagram serta Membagikannya ke DM dan Stories

Cara membuat 3D avatar di Instagram sebenarnya cukup mudah. 3D avatar merupakan salah satu fitur terbaru yang Instagram rilis beberapa waktu belakangan. Selain fitur tersebut, ada juga perilisan fitur lainnya seperti pengawasan orang tua, moderator live streaming, teks video otomatis, dan IGTV dihapus.

Menjadi media sosial yang banyak sekali penggunanya, Instagram berkomitmen untuk terus mengembangkan fitur dan memaksimalkan apa yang sudah ada di dalamnya. Tujuannya agar pengguna mendapatkan user experience yang luar biasa.

Instagram juga menjadi salah satu media sosial keluaran Meta Platforms, selain Instagram, ada Facebook, Mesenger, WhatsApp, hingga Oculus. Tampaknya, Meta Platforms akan menjadi pendobrak untuk perkembangan teknologi masa depan berkat inovasinya tersebut.

Bagaimana tidak, hadirnya metaverse sudah menjadi awal mula terciptanya masa depan yang lebih bervariasi dalam ranah digital. Pengguna dapat berkomunikasi di dunia buatan dengan pengguna lainnya. Lebih jauh lagi, proses interaksi ini memungkinkan memberi pengaruh besar terhadap semua bidang industri.

Hadirnya 3D avatar di Instagram dan Facebook adalah inovasi yang bisa dibilang kecil, jika dibandingkan dengan perkembangan dunia virtual metaverse. Kami sudah membahas mengenai pengertian metaverse dan implementasi jangka panjang, yang mana punya konsep serta inovasi teknologi raksasa tanpa jeda.

Cara Bikin 3D Avatar di Instagram Android dan Iphone

Umumnya, antara aplikasi Instagram di mobile dengan basis Android maupun iPhone tidak jauh berbeda. Sehingga berikut urutan untuk bikin avatar di Instagram melalui aplikasi tersebut.

1. Buka profil setelah Anda meluncurkan aplikasi Instagram;

2. Klik 3 garis yang berada di pojok kanan atas;

3. Muncul tab menu, pilih pengaturan;

4. Selanjutnya klik akun;

5. Dalam menu inilah fitur avatar berada, kemudian klik avatar untuk melanjutkan ke proses pembuatan;

6. Halaman pembuka fitur avatar akan menjelaskan, bahwa pengguna Instagram bisa mengekspresikan diri sendiri dengan cara yang lebih seru dan menarik. Klik mulai untuk melanjutkan, kemudian pilih buat dari awal untuk bikin avatar di Instagram per bagian secara detail.

7. Mulai dengan pilih warna kulit, gaya rambut, warna rambut, bentuk mata, alis, aksesoris kacamata, hidung, bibir, kumis, badan, aksesoris topi dan kerudung, pakaian, sampai model alat bantu dengar (khusus difabel). Untuk membuat desain 3D avatar yang mirip dengan diri Anda masing-masing, perlu ketelitian pada setiap langkahnya. Kalau sudah Anda rasa cukup, klik selesai di pojok kanan atas.

Sedangkan untuk membuat 3D avatar di Facebook, caranya sama saja. Pengguna masuk pada fitur Avatar yang terletak di menu pilihan pojok kanan atas. Lakukan yang terbaik untuk membuat avatar semirip mungkin dengan diri Anda. Terkait jenis kelamin, baik Instagram maupun Facebook akan secara otomatis menyesuaikan dengan profil.

Cara Membagikan 3D Avatar di Instagram ke DM dan Stories

Membuat 3D avatar di Instagram tentunya memberikan pengalaman menarik kepada pengguna. Anda bisa membagikan keseruan tersebut kepada teman-teman, pengikut, atau orang khusus yang memang Anda kehendaki di DM. Berikut adalah cara membagikan avatar yang sudah Anda buat ke DM dan Stories Instagram.

1. Membagikan Avatar ke DM Instagram

Guna membagikan hasil desain 3D avatar ke DM Instagram, berikut caranya.

a) Buka menu Stories lebih dulu;

b) Pilih fitur stiker > avatar;

c) Anda bisa memilih dan mendesain avatar yang ada dalam menu tersebut;

d) Pilih kirim ke DM atau grup Anda di Instagram.

2. Membagikan Avatar ke Stories Instagram

Sedangkan untuk membagikannya langsung ke stories, bisa menggunakan langkah berikut.

a) Buka menu Stories;

b) Masukkan desain Anda sendiri, memilih gambar atau video yang sudah ada, atau mengambil secara langsung;

c) Pilih menu stiker > avatar;

d) Anda bisa memilih lebih dari satu desain 3D avatar untuk menghiasi stories biar lebih kece;

e) Tunggu proses upload stories selesai.

Manfaat Adanya 3D Avatar di Instagram

Seperti sebuah game, yang mana pemain bisa membuat model karakternya sendiri sesuai dengan keinginan. Adanya 3D avatar di media sosial Instagram punya beberapa manfaat, baik manfaat untuk ekonomi maupun hiburan. Apa saja?

1. Manfaat Hiburan

Siapa pun bisa menggunakan fitur ini, mendesain avatar seluruh badan sesuai dengan diri sendiri, dan membagikannya ke stories maupun DM. Pengguna yang melakukannya akan merasa senang, di sinilah manfaat hiburan muncul.

2. Manfaat Sosial

Dengan adanya fitur ini, manfaat avatar memberikan komunikasi sosial yang lebih baik. Pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan cara lebih bervariasi, entah melalui postingan, stories, atau DM. Tak ayal, hal tersebut menjadikan hubungan lebih dekat antar sesama.

3. Manfaat Ekonomi

Terlepas dari keseruan dan menariknya 3D avatar ini, ternyata untuk pengguna yang melihat peluang, bisa menggunakannya untuk mendapat manfaat ekonomi. Anda bisa membuat video tutorial untuk tujuan monetisasi, melakukan branding di Instagram lebih baik, menjangkau pelanggan dengan variasi interaksi, dan lain sebagainya.

Fitur Instagram Lainnya yang Menarik

Selain 3D avatar di Instagram yang menjadi fitur terbaru yang rilis pada 2022, ternyata beberapa waktu ke belakang pihaknya juga meluncurkan fitur lainnya maupun melakukan pengubahan terhadap fitur yang sudah ada. Pastinya membuat Instagram jadi lebih lengkap, beberapa di antaranya sebagai berikut.

1. Pengawasan Orang Tua

Fungsi utama fitur ini untuk memberikan kontrol pemantauan kepada akun Instagram anaknya. Sehingga orang tua bisa mengawasi akun siapa saja yang anaknya ikuti, bahkan menetapkan durasi waktu lamanya menggunakan Instagram.

Mungkin Anda yang berada di Indonesia masih asing dengan fitur ini. Pasalnya, fitur pengawasan orang tua yang rilis pada 16 Maret 2022 masih diterapkan di Amerika Serikat. Butuh beberapa waktu untuk bisa pengguna Indonesia menggunakannya.

2. Moderator Live Streaming

Berbicara tentang live streaming di Instagram, tentunya sudah bisa Anda nikmati sejak 2016 silam. Namun seiring berjalannya waktu, selalu ada pembaruan atas fitur yang ada. Termasuk menambahkan moderator yang melakukan moderasi ketika proses live streaming tersebut berlangsung.

Adanya fitur ini, memungkinkan Instagram selain menjadi media sosial populer juga sebagai sarana diskusi daring masa kini.

3. Teks Video Otomatis

Instagram peduli dengan difabel, hal tersebut juga terbukti pada 3D avatar di Instagram yang menyediakan style untuk alat bantu dengar. Teks video otomatis menjadi fitur yang membantu para difabel, terutama para tuna rungu, agar bisa menggunakan Instagram.

4. Penghapusan IGTV

Adanya fitur reels, mengakibatkan perubahan yang berkaitan dengan penghapusan IGTV. Lantas apakah reels bisa bersaing dengan TikTok? Meski begitu, kreator Instagram tetap bisa berkarya dan mendapatkan nilai ekonomi dengan iklan reels.

Sebagai penutup, mencoba menggunakan fitur terbaru avatar di Instagram tidak ada salahnya. Bahkan dapat mendongkrak dan memberi macam-macam manfaat berdasarkan peran Anda di Instagram. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.