Breaking News

google meet

Cara Kerja dan Manfaat Google Meet untuk Pendidikan

Google Meet untuk pendidikan cukup membantu di tengah masa pandemi seperti saat ini. Padahal awalnya hanya muncul untuk para pengguna iOS saja, namun kini sudah bisa pengguna Android gunakan.

Pandemi memberikan dampak pada berbagai perkembangan dunia teknologi yang semakin bagus. Berbagai aplikasi muncul untuk memudahkan para penggunanya melakukan aktivitas di tengah keterbatasan kegiatan.

Tak terkecuali Google Meet untuk pendidikan sangat berperan penting sekali. Yakni membantu proses pertemuan secara virtual dengan berbagai fiturnya yang bermanfaat.

Mengenal Google Meet

Google Meet merupakan platform produk Google yang berguna untuk melakukan layanan komunikasi video konferensi. Platform ini sebenarnya merupakan kesatuan dari dua produk Google sebelumnya.

Yaitu Google Hangouts dan Google Chat yang kini sudah Google hentikan. Awalnya hanya pengguna iOS saja yang bisa menikmati layanan tersebut. Namun seiring perkembangannya kini sudah bisa pengguna Android nikmati.

Versi Google Meet tentunya lebih kuat daripada Google Hangouts. Pengguna bisa memakai platform tersebut untuk melakukan konferensi dalam bentuk virtual video. Pesertanya bisa mencapai 30 orang peserta bahkan bisa lebih jika mau menggunakan layanan berbayar.

Aplikasi meeting online yang ada saat ini bukan hanya Google Meet saja. Melainkan ada yang lainnya seperti Zoom, Skype, dan banyak lagi lainnya. Setiap aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam penggunaannya.

Google Meet untuk pendidikan memang cukup berperan penting di tengah pandemi ini. Namun tidak hanya pendidikan saja, banyak hal lain yang bisa memanfaatkan layanan aplikasi ini.

Seperti untuk rapat virtual, workshop, seminar, bahkan hingga pelatihan berbasis online. Sering juga aplikasi ini orang gunakan untuk meeting bersama teman-teman. Jadi, fungsional dan fleksibel sekali.

Berbagai Fitur Google Meet

Menggunakan platform Google Meet perlu terlebih dahulu memahami berbagai fiturnya. Gunanya untuk bisa memaksimalkan penggunaannya dalam dunia pendidikan.

Salah satu alasan seseorang menggunakan Google Meet adalah karena layanan ini tersedia gratis. Begitu juga durasi waktu untuk melakukan meeting juga cukup lama. Hal ini karena fitur-fiturnya yang cukup ramah untuk para penggunanya.

Untuk lebih memaksimalkan manfaat dari Google Meet, simak ulasan berikut ini. Fitur-fitur yang berperan penting adalah sebagai berikut.

1. Bisa Melihat Peserta Lebih Banyak dalam Satu Layar

Google Meet terus melakukan pembaruan pada berbagai fitur-fiturnya. Salah satunya pada tampilan peserta di layar. Kini bisa mencapai sebanyak 49 peserta sekaligus dalam satu layar di waktu yang sama.

Bahkan jumlah peserta yang ada di platform ini juga semakin banyak untuk versi gratisnya. Sedangkan jika ingin lebih banyak lagi bisa pakai versi premium.

Kebanyakan mereka yang menggunakan untuk keperluan seperti seminar dan workshop menggunakan versi berbayar. Sehingga bisa menjangkau peserta dalam jumlah yang cukup banyak.

2. Fitur Angkat Tangan

Pengguna bisa memanfaatkan fitur angkat tangan untuk melakukan interaksi antara pembicara dan audiens saat konferensi video. Fitur ini telah memfasilitasi Google Meet untuk pendidikan.

Sehingga virtual meeting akan serasa melakukan pertemuan seperti dalam kelas sungguhan. Jadi antara siswa dan guru bisa melakukan interaksi. Tidak hanya satu arah saja.

Fitur ini tidak akan memotong seseorang ketika sedang berbicara dalam forum konferensi virtual. Sehingga proses tetap bisa berjalan dengan kondusif.

Baca Juga : 10 Aplikasi Daring Pembelajaran Online Ringan dan Gratis

3. Bisa Memilih Berbagai Jenis Background

Melakukan virtual meeting bisa dengan memberikan background yang sesuai selera masing-masing. Seperti mengubah background menjadi buram dan terfokus pada pembicara juga bisa.

4. Ruang Penyekatan

Google Meet bisa melakukan model penyekatan dalam satu konferensi. Sehingga para peserta bisa terbagi dalam beberapa kelompok. Sehingga memudahkan proses diskusi per tim.

Model semacam ini cocok untuk dunia pendidikan. Misalnya melakukan pembelajaran di dalam kelas dan ada sesi diskusi kelompok. Manfaat Google Meet untuk dunia pendidikan semakin terasa.

5. Melakukan Tanya Jawab

Proses tanya jawab pada platform ini tersedia pada saluran khusus. Sehingga jika ingin melakukan proses tanya jawab tidak akan mengganggu proses percakapan yang sedang berlangsung.

6. Polling

Fitur polling dapat pengguna gunakan untuk menentukan suatu hasil musyawarah secara terukur. Dalam hal ini bisa melibatkan para peserta rapat untuk membantu menentukan hasil diskusi.

Kelebihan Google Meet

Ada layanan aplikasi virtual meeting selain Google Meet. Namun perlu sekali memahami apa saja yang menjadi kelebihan platform Google Meet daripada yang lainnya. Berikut ini beberapa keunggulan dari Google Meet.

1. User Experience dan User Interface

Aplikasi Google Meet untuk pendidikan ini cukup mudah dalam penggunaannya. Sehingga pengguna baru tidak perlu khawatir dalam mengoperasikannya. Menariknya platform ini tersedia dalam dua versi aplikasi.

Yaitu versi web dan versi aplikasi asli MacOS, Microsoft Windows, iOS, dan Android. Semua versinya cukup mudah untuk pengguna akses. Sehingga proses konferensi virtual menjadi lebih mudah.

Yakni dengan mengirimkan link rapat atau meeting virtual ke para peserta. Tampilan platform ini juga bagus dan desainnya mirip dengan produk Google lainnya.

2. Terintegrasi dengan Berbagai Layanan Google

Karena merupakan salah satu produk Google, platform ini tentunya terintegrasi dengan mudah terhadap berbagai layanan Google. Seperti Messenger, WhatsApp, Viber, Telegram, dan sebagainya.

Bahkan Google Meet juga memiliki berbagai tools yang bisa pengguna pakai untuk lebih produktif dan interaktif. Misalnya fitur share screen, polling, dan fitur lainnya.

Aplikasi ini juga terhubung dengan aplikasi Google seperti Google Contact, Google Calendar untuk melakukan panggilan partisipasi rapat. Tentunya sebagian fitur bisa pengguna nikmati secara gratis, namun untuk lebih lengkapnya bisa pakai fitur berbayar.

3. Terdapat Versi Gratis Maupun Berbayar

Google Meet tersedia dalam dua jenis versi yang bisa pengguna pakai. Yaitu versi berbayar dan versi gratis. Tentunya masing-masing memberikan fasilitas yang berbeda dan yang berbayar akan lebih lengkap.

Meski demikian, menggunakan fitur gratis bukan suatu masalah. Pasalnya tetap bisa Anda nikmati dengan sempurna jika sebatas untuk melakukan meeting online skala sederhana. Seperti pembelajaran, rapat, dan virtual meeting lainnya.

Namun jika memang memerlukan untuk skala besar seperti seminar, workshop, dan sebagainya bisa pakai versi berbayar. Karena akan lebih leluasa dan mampu menampung banyak peserta.

4. Kapasitas Peserta Cukup Mumpuni

Menggunakan Google Meet untuk pendidikan seperti proses pembelajaran adalah hal yang tepat. Kapasitas yang platform tersebut berikan untuk skala pembelajaran daring sudah lebih dari cukup.

Kapasitas yang bisa platform tersebut layani untuk jumlah audiens cukup banyak. Jadi akan lebih mudah dan simpel sekali.

Cara Menggunakan Google Meet untuk Pendidikan

Masa pandemi menjadi salah satu awal platform Google Meet untuk pendidikan mulai banyak orang kenal. Platform ini memberikan banyak manfaat untuk perkembangan pendidikan ke arah digital.

Untuk itu perlu sekali memahami bagaimana cara menggunakan platform Google Meet. Berikut beberapa cara menggunakannya.

1. Bagi Pengguna Smartphone

Berbeda perangkat maka beda pula cara penggunaannya. Apabila perangkat Anda menggunakan smartphone, maka bisa mengunduh aplikasi pada Play Store dan App Store.

Jika berhasil mengunduh, buka aplikasinya dan lakukan pendaftaran akun untuk pertama kalinya. Bisa memakai gmail, jika sudah berhasil maka bisa mulai menggunakannya untuk virtual meeting dengan klik tanda +.

Selanjutnya bisa menambahkan partisipan yang ingin Anda tambahkan. Yakni dengan menambahkan alamat email dan nomor ponsel mereka.

2. Bagi Pengguna Desktop

Tidak perlu mengunduh aplikasi, cukup manfaatkan situs resmi Google Meet. Kemudian klik Join or Start a Meeting. Maka selanjutnya pengguna bisa membuat kode rapat dan nama room sebelum mengundang partisipan.

Itulah beberapa informasi penting terkait dengan Google Meet untuk pendidikan. Selain pada bidang pendidikan Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk hal lain. Misalnya pada ranah pekerjaan atau yang lainnya.

Baca Juga: Aplikasi Virtual Meeting Seru dan Ramah untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published.