Breaking News

Digital Marketing Agency

Apa Itu Digital Marketing Agency? Kenapa Diperlukan?

Digital marketing agency dapat menjadi mitra yang berharga untuk bisnis Anda. Meskipun Anda mungkin tidak sepenuhnya menyadari semua yang dapat mereka lakukan untuk Anda. Sebagai manajer penjualan atau pemasaran, tugas Anda adalah mendatangkan pelanggan melalui “pintu depan” bisnis Anda.

Saat ini, 81 persen pelanggan melakukan riset online sebelum membuat keputusan pembelian. Hal ini berarti sangat penting untuk mengembangkan kehadiran online yang kuat. Perusahaan pemasaran digital dapat melakukan ini untuk bisnis Anda, ditambah lebih banyak lagi.

Digital marketing agency menggunakan berbagai taktik, strategi, dan tool online yang berbeda untuk membantu bisnis mencapai tujuan pemasaran dan penjualannya. Sehinggai dapat membuat perencanaan dan pelaksanaan kampanye pemasaran digital yang sukses. Serta menjadi prospek yang menantang bagi sebagian besar solopreneur dan departemen pemasaran yang lebih kecil.

Apa itu Digital Marketing Agency? Dan Apa yang Mereka Lakukan?

Digital marketing agency menjangkau pelanggan secara online melalui pemasaran omnichannel, pemasaran multisaluran, atau pemasaran saluran tunggal. Dengan pemasaran multisaluran dan saluran tunggal, agensi berinteraksi dengan pelanggan di satu atau beberapa saluran seperti situs web, blog, email, media sosial, dan lainnya.

Pemasaran multisaluran mengacu pada pemasaran yang memberikan pengalaman pelanggan yang mulus di seluruh saluran dan perangkat sepanjang siklus hidupnya. Digital marketing agency biasanya tidak akan menawarkan layanan pemasaran tradisional.

Tujuan keseluruhan dari setiap upaya pemasaran digital adalah untuk menghasilkan sebanyak mungkin lalu lintas organik ke situs web bisnis. Ketika Anda bekerja dengan digital marketing agency, lalu lintas organik ke situs web Anda akan meningkat. Situs web Anda akan menarik lebih banyak prospek dengan biaya lebih sedikit.

Para profesional di digital marketing agency akan mengetahui bisnis Anda, tujuan dan sasaran pemasaran Anda, saluran penjualan Anda, dan audiens target ideal Anda. Selain itu, mereka juga akan memiliki pengetahuan dalam berbagai taktik pemasaran masuk seperti pemasaran konten, pemasaran media sosial, desain web, dan optimisasi mesin pencari.

Selain itu digital marketing agency akan memantau pelanggan anda. Karena agensi pemasaran digital berspesialisasi dalam mempromosikan merek secara online dan menciptakan hubungan online dengan pelanggan, mereka tahu cara memperluas jangkauan merek Anda secara online.

Dengan bekerja sama dengan agensi pemasaran digital, situs web Anda akan mendapatkan visibilitas yang lebih baik dari penelitian kata kunci dan pengembangan persona pembeli yang dilakukan melalui agensi tersebut. Jika Anda mempekerjakan agen pemasaran digital untuk melakukan pemasaran media sosial Anda, merek Anda juga akan mendapatkan kehadiran online tambahan di berbagai platform media sosial.

Digital marketing agency juga akan menangkap kelemahan dalam aktivitas pemasaran digital Anda saat ini. Jika tim pemasaran Anda kecil, kemungkinan Anda tidak akan memiliki keahlian yang dibutuhkan kampanye pemasaran digital unik Anda agar efektif.

Jenis-jenis Digital Marketing Agency

Memilih digital marketing agency dapat menjadi tantangan jika Anda tidak terbiasa dengan industri ini. Beberapa agen mengkhususkan diri dalam satu industri atau layanan, sementara yang lain menawarkan berbagai layanan.

Ingatlah bahwa yang terbaik untuk bisnis Anda akan bergantung pada anggaran Anda, tujuan dan sasaran pemasaran digital Anda, dan seberapa aktif Anda ingin terlibat dalam pemasaran digital Anda.

Di bawah ini adalah beberapa jenis digital marketing agency yang paling umum:

Full-Service Digital Marketing Agency

Full-service digital marketing agency cenderung lebih besar daripada kebanyakan jenis agensi lain dan menawarkan berbagai layanan pemasaran digital. Bisnis sering kali bermitra dengan agen pemasaran digital layanan lengkap, karena mereka memiliki pengalaman melakukan proyek tertentu yang perlu dilakukan bisnis. Seperti kampanye pemeliharaan prospek atau desain ulang situs web.

Agen-agen ini juga dapat membawa kekuatan tambahan ke departemen pemasaran yang ada dengan biaya lebih rendah daripada yang diperlukan untuk membangunnya dengan karyawan baru.

Inbound Marketing Agency

Inbound marketing agency menawarkan taktik dan strategi pemasaran inbound, yang berbeda dari strategi outbound tradisional. Agen masuk berusaha memposisikan bisnis online di mana pelanggan dapat menemukannya, membangun kepercayaan dari waktu ke waktu, dan akhirnya menghasilkan penjualan.

Strategi inbound dapat memberikan hasil yang signifikan dari waktu ke waktu, tetapi biasanya membutuhkan jangka waktu yang lebih lama mulai dari enam bulan hingga satu tahun atau lebih sebelum prospek dan penjualan meningkat.

SEO Agency

Digital merketing agency yang berspesialisasi dalam SEO membantu situs web dan konten situs web klien mereka untuk mendapat peringkat tinggi pada hasil pencarian.

Mereka akan meminta spesialis melakukan beberapa hal seperti research kata kunci, audit website dan backlink, analisis isi konten, asesmen metadata, membangun link, dan lain-lain.

SEO agency akan memanfaatkan berbagai analisis data dan alat pengembang situs web seperti Google Analytics, Google Search Console, SEM Rush, dan SEO Moz. SEO agency selalu menjadi pengadopsi awal praktik terbaik pengoptimalan mesin telusur, termasuk optimasi terhadap algoritme penelusuran Google yang selalu berubah.

Digital Ads Agency

Pencarian berbayar, juga disebut iklan berbayar, adalah cara lain untuk menghasilkan lalu lintas ke situs web bisnis. Tidak seperti lalu lintas organik gratis, lalu lintas berbayar melibatkan pengeluaran uang untuk menawar kata kunci dan penempatan iklan pada hasil pencarian. Iklan digital dapat muncul di situs web, halaman hasil pencarian, dan saluran media sosial.

Digital Ad agency tahu cara menghasilkan iklan yang menarik perhatian dan berisi kata kunci yang sesuai dengan praktik terbaik platform digital tempat iklan muncul. Layanan populer termasuk pembuatan dan penerapan iklan Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube, serta pembuatan dan pemeliharaan akun Google Ads Manager.

Social Media Agency

Perusahaan mulai beralih ke social media agency ketika mereka membutuhkan bantuan untuk membangun dan mempertahankan kehadiran media sosial.

Media social agency dapat mengelola dan memproduksi konten sosial dan memasang iklan di platform sosial seperti Facebook dan Instagram. Mereka juga akan menawarkan layanan yang terkait dengan menanggapi dan bereaksi terhadap interaksi pelanggan di platform media sosial.

Web Design Agency

Web design agency terdiri dari desainer kreatif yang membangun situs web atau halaman web yang disesuaikan dan dioptimalkan untuk bisnis.

Desainer web akan menangani tampilan, nuansa, dan fungsionalitas halaman. Baik itu untuk situs web baru, desain ulang situs web, atau proyek yang lebih kecil. Layanan umum yang ditawarkan oleh agensi situs web mencakup desain dan penelitian. Seperti pengalaman pengguna, antarmuka pengguna (UX/UI), pembuatan dan penyimpanan gambar, pengembangan web, dan hosting web.

Apakah Digital Marketing Agency Tepat Untuk Bisnis Anda?

Sebelum menggunakan jasa digital marketing agency, penting untuk menilai terlebih dahulu kebutuhan perusahaan Anda.

Apakah Anda memerlukan bantuan untuk mengoptimalkan konten Anda, menerapkan beberapa perubahan SEO, atau mendesain ulang UX untuk situs web Anda? Kemudian Anda ingin mengevaluasi keterampilan, kekuatan, dan kemampuan pemasaran perusahaan Anda sendiri? Dengan tujuan untuk menentukan apakah biro iklan, dan jenisnya, dapat menguntungkan bisnis Anda.

Atau apakah Anda sudah memiliki tim internal yang membutuhkan bantuan atau semua pemasaran Anda di-outsource?

Setelah Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang apakah bekerja dengan biro iklan adalah pilihan yang tepat atau tidak. Anda juga akan mengetahui jenis layanan pemasaran digital yang dibutuhkan bisnis Anda.

Baca Juga : Panduan Strategi Digital Marketing Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *