Breaking News

Cara mengajukan centang biru di Instagram

Cara Mengajukan Centang Biru di Instagram

Cara mengajukan centang biru di Instagram ternyata boleh dilakukan oleh semua orang. Namun tentu mereka harus memenuhi beberapa syarat supaya akunnya dapat tanda centang biru.

Centang biru di Instagram merupakan tanda yang menunjukkan bahwa akun tersebut sudah terverifikasi secara nyata. Tanda tersebut juga bisa jadi patokan untuk melihat akun itu benar-benar asli atau fake.

Seringkali pemilik akun centang biru bukan orang sembarangan. Seperti publik figur, brand tertentu, hingga entitas yang terdaftar secara asli. Memang banyak sekali akun fake yang muncul dan dibuat oleh orang tidak bertanggung jawab untuk suatu keperluan tersendiri.

Misalnya menipu atas nama publik figur dan sebagainya. Tanda centang biru sebenarnya mengantisipasi hal demikian itu.

Syarat Mendapatkan Akun Instagram Centang Biru

Ada beberapa persyaratan yang harus pengguna penuhi untuk mendapatkan akun centang biru. Syarat tersebutlah yang akan menjadi salah satu pertimbangan Instagram untuk melihat sejauh mana pengguna layak mendapatkan verifikasi.

Berikut ini beberapa syarat untuk mengajukan verifikasi akun di platform Instagram.

1. Autentik

Syarat untuk akun yang mendapatkan centang biru. Pertama harus autentik atau akun asli, original, brand, bisnis, komunitas, atau entitas terdaftar lainnya sesuai keterangan Instagram. Bukan merupakan akun fake yang orang buat untuk keperluan sendiri semata.

2. Unik

Persyaratan kedua adalah unik. Pastinya akun yang terverifikasi akan mewakili suatu bisnis atau orang secara unik. Jadi hanya ada satu akun untuk satu orang yang boleh terverifikasi. Begitu juga untuk bisnis.

Akan tetapi ada pengecualian seperti memiliki akun serupa namun berbeda bahasa. Selain itu pihak Instagram juga tidak akan memverifikasi suatu akun yang memiliki tujuan untuk minat umum. Misalnya akun meme, akun komedi, dan sebagainya.

3. Terkenal

Menilik kejadian saat ini, akun yang banyak dipalsukan adalah akun milik orang terkenal dan terpopuler. Jadi yang memiliki followers banyak itulah yang lebih Instagram prioritaskan.

4. Lengkap

Maksud lengkap dalam hal ini adalah identitas yang pihak Instagram minta harus sesuai. Misalnya melengkapi foto profil, bio, isi kontak, website, dan sebagainya. Perlu pengguna ketahui, bahwa pada bio tidak boleh mempromosikan link untuk memfollow sosial media lainnya.

Cara Mengajukan Centang Biru di Instagram

Dalam melakukan proses cara mengajukan centang biru di Instagram tidak ada pungutan biaya apapun. Instagram memberikannya secara gratis kepada pengguna. Kemungkinan besar pengguna yang sudah memenuhi syarat akan mendapatkan lencana tersebut.

Bagi Anda yang sudah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan centang biru, maka bisa mengikuti proses berikut ini. Beberapa cara mengajukan centang biru di Instagram.

  1. Masuk atau login ke akun Instagram;
  2. Ketuk ikon profil yang terletak di bagian kanan bawah tampilan Instagram;
  3. Klik tombol tiga garis di bagian kanan atas tampilan Instagram;
  4. Selanjutnya pilih opsi pengaturan dan klik bagian akun;
  5. Selanjutnya silakan memilih opsi minta verifikasi;
  6. Silakan memasukkan nama lengkap Anda dan memberikan bukti identifikasi yang diminta;
  7. Kemudian silakan mengikuti seluruh instruksi yang diminta seperti mengunggah foto KTP dan dokumen bisnis. Tinggal tunggu hasil pengajuannya, disetujui atau ditolak.

Perlu Anda ketahui bahwa Instagram secara otomatis terhubung dengan Facebook. Jadi ketika Instagram mendapatkan centang biru maka akun Facebook Anda juga demikian, begitu juga sebaliknya.

Bahkan terkadang meski sudah memenuhi syarat, namun Instagram belum juga memverifikasi akun. Jadi tunggu keputusannya, pihak Instagram membutuhkan waktu 30 hari untuk meninjau permintaan verifikasi tersebut.

Jika terjadi penolakan maka bisa melakukan pengajuan lagi. Bisa juga pihak Instagram akan menyarankan Anda untuk mengaktifkan fitur keamanan tambahan. Seperti autentikasi dua faktor saat log masuk.

Keuntungan Akun Verifikasi Instagram

Pentingkah menerapkan cara mengajukan centang biru di Instagram supaya akun Anda terverifikasi? Jawabannya tergantung masing-masing, namun secara garis besar perlu. Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan akun terverifikasi oleh Instagram.

1. Meningkatkan Eksistensi

Apabila akun Instagram merupakan akun verified pasti akan membantu meningkatkan eksistensi dan popularitas pengguna. Banyak orang menganggap akun verified merupakan akun terpercaya dan milik orang-orang hebat.

Sehingga hal banyak yang melakukan follow ke akun tersebut. Namun tentunya semua itu harus imbang dengan konten yang diberikan menarik atau tidaknya.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan memiliki akun yang terverifikasi khususnya untuk bisnis atau brand bisa membantu meningkatkan brand awareness. Selain itu juga akan meningkatkan kepercayaan para follower terhadap akun tersebut.

Khusus untuk bisnis tentunya dapat membuatnya mudah dipercaya oleh banyak orang karena sudah terjamin keasliannya.

3. Akun Original

Keuntungan lainnya adalah akun tidak bisa terduplikasi oleh orang lain. Kalaupun bisa akan kelihatan mana yang asli dan mana yang palsu. Tentu yang asli yang memiliki centang biru.

Lencana tersebut menunjukkan keaslian suatu akun. Pasalnya dalam proses verifikasi menggunakan identitas resmi juga seperti KTP agar keaslian terjamin. Pemilik asli juga bisa melaporkan akun palsu yang berpura-pura menjadi dirinya, sehingga Instagram akan lebih mudah memproses.

4. Mendapatkan Berbagai Fitur Eksklusif

Pemilik akun Instagram akan mendapatkan keuntungan berupa fitur eksklusif. Salah satunya adalah tidak bisa dimiliki oleh akun non verified.

5. Bisa Memberikan Pemasukan

Saat ini akun Instagram bukan hanya berguna sebagai sosial media saja. Melainkan juga bisa untuk memberikan pemasukan. Seperti jualan, endorse produk orang, dan sebagainya.

Dengan memiliki akun Instagram yang terverifikasi akan membuat pengguna menjadi lebih terpercaya. Jumlah follower yang banyak juga bisa membantu untuk meningkatkan minat para pebisnis meminta bantuan marketing kepada akun tersebut.

Apakah Verifikasi Instagram Bisa Dicabut?

Lencana centang biru di aplikasi Instagram ternyata bisa dicabut, hapus, hingga nonaktif akun apabila terjadi pelanggaran. Beberapa pelanggaran tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Akun verifikasi tersebut berencana menjual atau mengalihkan kepemilikan kepada orang lain;
  2. Menggunakan foto profil, bio, hingga nama untuk mempromosikan akun lainnya;
  3. Terbukti melakukan verifikasi akun dari pihak ketiga, seperti jasa verifikasi akun Instagram gratis maupun berbayar.

Jadi, bagi pengguna Instagram harus berhati-hati untuk tidak melakukan pelanggaran tersebut jika ingin akunnya aman.

Maraknya Jasa Verifikasi Akun Instagram Agar Centang Biru

Dewasa ini banyak juga para pengguna Instagram yang ingin segera mendapatkan lencana centang biru. Selain bisa mendapatkan kepercayaan dari publik, centang biru juga memberikan banyak keuntungan seperti pada informasi sebelumnya.

Karena cara mendapatkan akun terverifikasi dari Instagram tidak mudah, maka orang harus bersabar. Di tengah-tengah hal tersebut muncullah jasa verifikasi akun Instagram yang menawarkan jasanya.

Meski dengan menggunakan jasa tersebut membuat akun menjadi terverifikasi dengan instan, namun tentu dampaknya buruk sekali. Salah satunya bisa dimanfaatkan oleh penjahat untuk membobol akun Anda suatu saat nanti.

Bahkan banyak juga yang melakukan penipuan sebelum sampai membuat akunnya terverifikasi. Selain itu, lambat laun hal tersebut bisa terdeteksi oleh pihak Instagram dan mungkin akun bisa nonaktif.

Jadi, gunakan cara yang organik untuk membuat akun Instagram bisa terverifikasi dan mendapatkan centang biru.

Nah, itulah beberapa informasi penting terkait dengan cara mengajukan akun centang biru di Instagram. Semoga bisa membantu. Artikel ini dibuat oleh Diginews.id, salah satu platform penyedia berbagai informasi update seputar teknologi dan bisnis.

Baca Juga : Tips Efektif Melakukan Strategi Social Media Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published.