Breaking News

nft di opensea

Cara Membuat NFT di OpenSea

NFT semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia, namun banyak yang belum mengetahui cara menjual NFT di OpenSea. Fenomena Ghozali Everyday membuktikan NFT mulai diminati masyarakat. Nah, salah satu marketplace NFT yang digunakan Ghozali adalah OpenSea. Pengguna dapat mulai mendaftarkan karyanya, baik berupa foto, lukisan, gif, audio, maupun video, sebagai NFT dan menjualnya di OpenSea.

Sebagai informasi, NFT merupakan seni digital yang tidak dapat tergantikan karena terekam di blockchain. Transaksi jual beli NFT di OpenSea menggunakan cryptocurrency Ethereum (ETH). Untuk menjual NFT di OpenSea, Anda harus memiliki dompet digital MetaMask terlebih dahulu.

Proses ini disebut juga dengan “minting”. Minting atau pencetakan adalah proses tokenizing file digital dengan kriptografi. Tokenisasi adalah proses mengubah aset menjadi token digital yang dapat dipindahkan, disimpan, dan direkam di blockchain.

Siapa saja dapat dengan mudah mencetak NFT. Tetapi meskipun ada banyak pasar NFT tempat Anda dapat mulai mencetak, kami akan fokus pada platform terdesentralisasi terbesar untuk kolektor dan seniman NFT yaitu OpenSea.

Bagaimana Menghasilkan Uang Dengan Menjual NFT Anda di OpenSea?

OpenSea adalah marketplace NFT di mana penjual terhubung dengan pembeli potensial. Saat ini ada jutaan NFT untuk dijual di pasar. Namun, jangan sampai kesan yang salah – permintaan yang besar menciptakan pasokan yang lebih tinggi.

Jutaan NFT mati-matian menunggu pembeli yang tidak akan pernah datang.

Jadi, jika Anda berada di sini “hanya untuk uang”, Anda sebaiknya berpikir dua kali, atau sebaliknya, lebih baik berpikir lebih dalam bagaimana memposisikan diri Anda di industri yang berkembang pesat ini.

Jadi sebelum kita mulai, penting untuk dicatat bahwa di bawah ini tidak akan mengajari Anda cara menghasilkan uang dari NFT Anda. Ini akan memandu Anda untuk mencetak NFT pertama Anda dan menempatkannya untuk dijual di OpenSea dengan cara langkah demi langkah yang dapat dilakukan siapa saja dengan mudah.

Bagaimana Cara Mencetak NFT Pertama Anda di OpenSea?

NFT adalah aset digital unik yang diterbitkan dan disimpan di blockchain. Untuk mulai mencetak NFT, Anda memerlukan dompet yang dapat dihubungkan ke OpenSea. Ada beberapa opsi di sini, tetapi kami akan merekomendasikan dan menggunakan MetaMask karena ini yang paling populer.

Pertama-tama, Anda harus menautkan dompet MetaMask Anda ke pasar OpenSea. MetaMask adalah dompet yang tersedia baik sebagai penyimpanan dingin dan sebagai ekstensi browser untuk Google, Chrome, dan Brave. Jika Anda tidak memilikinya, buka “metamask.io” dan lakukan pengunduhan untuk browser Anda. Selanjutnya, tambahkan sebagai ekstensi, Anda akan melihat rubah oranye kecil di sisi kanan atas browser Anda.

Setelah diinstal, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya kapan saja Anda ingin memeriksa saldo atau mengirim dan menerima dana.

Di MetaMask, Anda dapat menyimpan token ERC-20 seperti Ether (ETH) – mata uang yang kemungkinan besar akan Anda gunakan untuk membeli dan menjual NFT di OpenSea. Selain itu, Anda juga menerima royalti di ETH: ketika seseorang membeli NFT dari Anda dan menjualnya kembali, Anda menerima persentase dari penjualan itu, dan itu masuk ke alamat MetaMask Anda.

Yang harus diperhatikan adalah hati-hati karena ada lebih banyak risiko keamanan saat menggunakan dompet web jika tidak terintegrasi dengan dompet perangkat keras. Sejauh ini, MetaMask belum mengalami peretasan besar, tetapi pengguna harus waspada terhadap serangan phishing yang sedang berlangsung dan penipuan terkait.

Inilah sebabnya mengapa selalu disarankan untuk menggunakan dompet perangkat keras. MetaMask mendukung dua merek HD paling populer yaitu Trezor dan Ledger.

Sebelum kita mulai, Anda harus memiliki beberapa ETH di dompet Anda untuk membayar biaya transaksi. Seperti yang disebutkan, ETH adalah mata uang dasar, dan digunakan untuk membayar biaya untuk setiap transaksi dan konfirmasi di OpenSea menggunakan MetaMask.

Menghubungkan MetaMask

Pertama, buka “opensea.io” dan navigasikan ke bilah kanan atas dan klik “Profile”. Halaman baru akan muncul, meminta Anda untuk menghubungkan dompet Anda. Pilih MetaMask.

Anda akan diarahkan ke beberapa petunjuk untuk memberikan OpenSea izin yang diperlukan menggunakan dompet dan dana Anda. Selanjutnya, permintaan penandatanganan akan muncul, dan setelah masuk, layar “Connecting” akan muncul, yang akan menautkan OpenSea ke dompet Anda.

Lanjutkan dengan menerima “Terms & Conditions”. Anda dapat dengan mudah mengakses dana Anda di ikon dompet di sudut kanan atas.

Jika dompet Anda kosong, cukup klik “Add Funds.” Dari sini, Anda dapat melakukan deposit kripto atau membeli menggunakan kartu debit atau kredit Anda.

Membuat Koleksi NFT

Sekarang akun Anda siap untuk memproses transaksi di blockchain Ethereum, saatnya untuk membangun koleksi NFT pertama Anda.

Buka profil Anda dan pilih “My Collection”, tekan “Create” untuk memulai yang baru. Koleksi baru Anda akan terdiri dari “logo image”, “featured image”, dan “banner”. Selanjutnya Anda akan menemukan berbagai properti untuk diisi, dimulai dengan URL koleksi Anda di OpenSea, deskripsi, kategori, dan tautan ke situs web dan jejaring sosial Anda.

Anda akan diminta untuk memasukkan alamat dompet pembayaran Anda. Buka ikon dompet dan klik alamat Anda, itu akan secara otomatis menyalinnya, lalu menempelkannya di bidang yang diperlukan.

Selanjutnya royalti, yang berarti Anda mengumpulkan uang setiap kali seseorang menjual kembali barang yang Anda buat, dan dibayarkan setiap bulan ke dompet pilihan Anda. Royalti diprogram untuk memungkinkan pembuat konten dihargai atas pekerjaan mereka -Anda dapat mengatur persentase biaya seperti yang ditunjukkan di bawah ini, hingga 10% dalam royalti.

Minting NFT Anda di OpenSea

Prosesnya mudah. AI akan menangani semua aspek teknisnya, jadi jangan khawatir tentang cara pembuatannya. Baca petunjuk berikut sembari anda melakukan praktik pada akun anda:

  • Buka koleksi Anda dan tekan “Add Item” di bilah kanan atas.
  • Unggah karya seni baru ini dapat berupa gambar, audio, atau model 3D.
  • Tambahkan detail ke item Anda seperti nama dan deskripsi.
  • Selanjutnya, pilih koleksi di mana NFT Anda akan muncul. Isi properti NFT Anda, seperti warna, simbol ticker, nama artis, dll.
  • Isi levelnya yang menggambarkan kekuatan konten NFT anda.
  • Tambahkan beberapa statistik ke NFT Anda. Ini adalah sifat numerik yang ditampilkan sebagai angka.
  • Pilih apakah konten yang anda miliki tidak dapat dibuka dan konten eksplisit atau sensitif. Ini berarti bahwa seseorang mungkin memenangkan konten khusus yang tersembunyi di NFT. Misalnya, Anda dapat menyiapkan lotre di NFT Anda dan menyembunyikan pemenangnya di konten yang tidak dapat dibuka.
  • Terakhir, pilih “Supply”, yang merupakan jumlah salinan yang dapat dicetak, dan blockchain yang menerbitkan.
  • Klik “Create” dan item baru Anda akan muncul sebagai NFT baru di koleksi Anda. Anda bebas menawarkannya untuk dijual dengan harga tertentu atau kepada penawar tertinggi.

Ini adalah cara mudah untuk menjual karya NFT di OpenSea. Pengguna dapat mengunggah karya mereka melalui ponsel atau laptop. Semakin orisinal karya Anda dan dibuat dalam jumlah terbatas, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan penawaran harga yang cukup tinggi dari pembeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published.