Breaking News

Macbook M2 2022 

Penasaran Hebatnya Macbook M2 2022? Ini Spesifikasinya!

Kemunculan Macbook M2 2022 ini terlihat menggoda semua orang. Laptop dengan ketebalan tipis ini membuatnya dilirik oleh semua orang karena performanya bertenaga berkat chip Apple M2 yang dibawakannya.

Itu karena chip M2 ini diklaim memiliki performa lebih kencang dari versi terdahulunya M1 hingga 40%. Bisa Anda bayangkan betapa kencangnya performa yang dimilikinya tersebut. Selain itu, desainnya juga lebih fresh. Penasaran seperti apa hebatnya laptop ini? Simak detail spesifikasi dan kelebihannya disini.

Detail Spesifikasi Macbook M2 2022

Berikut akan kami ulas seputar detail spesifikasi dari laptop Macbook M2 2022, antara lain:

1. Layar

Ukuran layar laptop ini sebesar 13,6 inch dan didukung oleh Liquid Retina dari Apple yang memiliki tingkat resolusi sebesar 2.560 p x 1.664 p dan juga 227 ppi sekaligus. Kemudian untuk kecerahannya mencapai 500 nits brightness. Kemudian untuk refresh ratenya mencapai 60 Hz yang sudah dilengkapi dengan true tone technology sekaligus, sama seperti pendahulunya.

2. Warna

Pilihan warna laptop ini ada 4 macam. Yaitu berwarna starlight, silver, midnight, dan juga space grey. Finishingnya sangat bagus, karena dapat melapisi warna back covernya dengan baik. Sehingga hal tersebut menjadikannya unik.

3. Chipset

Ini adalah bagian terpenting dan terbaru dari Macbook M2 2022. Karena chipetnya sudah menggunakan 8 core CPU yang terdiri atas 4 core performance dan juga 4 core efficiency sekaligus. Selain itu ada juga 8 core GPU dan 16 core neural engine. Jadi tingkat pemrosesan data sangat baik.

4. Baterai

Daya baterai laptop ini diklaim bisa bertahan sampai dengan 18 jam sekaligus untuk memutar video dan melihat Apple TV. Sedangkan bila dipakai untuk berselancar di dunia maya menggunakan wifi bisa bertahan sampai 15 jam. Kemudian untuk pengisian dayanya sudah didukung dengan fast charge sebesr 67 watt USB C power adapter.

5. Spesififkasi port Macbook Air M2

Laptop ini memiliki port tambahan yang terdiri atas 3,5 mm headphone jack, MagSafe 3 Charging port, dan juga 2 thunderbolt USB 4. Fungsi dari USB 4 ini bisa digunakan untuk charging (port display) dan transfer data sampai dengan 40 GB per detik.

6. RAM dan Penyimpanan

Ram bawaannya bisa diupgrade mulai dari 8 GB sampai dengan 24 GB. Itu artinya kapasitas RAM nya lebih besar daripada M1 yang hanya bisa diupgrade hingga 16 GB saja. Sementara untuk penyimpanan SSD bisa sampai 256 Gb dan juga 512 GB sekaligus. Keduanya dapat diupgrade hingga 2 TB.

7. Keyboard dan Trackpad

Laptop ini sudah dilengkapi dengan keyboard backlit magic yang memiliki 78 tombol sekaligus. Tombol tersebut meliputi 4 tombol arah dan juga 12 fungsi lengkap di dalamnya. Selain itu, juga ada touch ID menggunakan sensor cahaya sekitar (ambient light sensor) dan juga force touch trackpad yang sudah sempurna untuk mengenal tekanan dan sentuhan.

8. Jaringan, Audio, dan Kamera

Macbook M2 2022 didukung dengan jaringan WiFi 6 dan juga konektivitas Bluetooth 5.0. Sedangkan resolusi kameranya sebesar 1.080 p (Face Time HD camera). Selain itu, ada juga pernagkat audio yang sudah didukung dengan 4 sistem speaker sekaligus yang dapat digunakan untuk memutar airpods (Max, Pro, dan Gen 3), dan ada juga jack audio berukuran sebesar 3,5 mm.

9. Isi Box Pembelian Macbook M2 2022

Anda akan mendapatkan perlengkapan pembelian berupa adaptor 30 W USB C dan juga kabel USB C to MagSafe sepanjang 2 meter di setiap boxnya.

Kelebihan Macbook M2 2022

Di bawah ini adalah kelebihan dari laptop ini sebagai alasan kenapa kehadirannya disebut sebagai salah satu laptop yang terbaik saat ini, antara lain:

1. Desain Bodi Lebih Compact

Bila dibandingkan dengan seri MacBook Pro, bodi laptop ini jauh lebih compact dan enak dibawa kemana saja. Itu karena beratnya sangat ringan, yaitu sebesar 1,24 kg saja. Jadi lebih ringan daripada M1.

Untuk bahan materialnya sendiri berupa unibody alumunium yang berasal dari daur ulang 100%. Sehingga hal ini membuatnya lebih elegan dan terlihat mahal (premium). Disini Anda bisa memilih 4 pilihan warna sekaligus, yaitu abu-abu, midnight, starlight, dan juga perak.

2. Ukuran Layar Meningkat

Selain memiliki ukuran dan model bodi yang lebih compact, laptop ini juga memiliki ukuran layer yang lebih besar dari sebelumnya. Yaitu sebesar 13,6 inch dengan tingkat resolusi sebesar 2.560 x 1.664 pixel. Sedangkan tingkat kerapatan layarnya mencapai 224 ppi.

Selanjutnya untuk kualitas tampilan layarnya sudah menggunakan panel liquid retina dengan teknologi IPS. Jadi ada dukungan warna seluas P3 dan 1 miliar warna sekaligus. Tingkat kecerahan layarnya juga lebih tinggi mencapai 500 nit. Sehingga Anda bisa tetap merasa nyaman saat menggunakannya di siang hari pada luar ruangan.

3. Webcam Sudah Full HD

Adanya notch yang diletakkan di atas layer menajdikan Apple memiliki resolusi webcam yang lebih baik. Karena webcam Macbook M2 2022 ini didukung dengan kamera beresolusi 1080p FaceTime. Sehingga kualitas serta ketajaman videonya sangat bagus Ketika digunakan untuk online meeting. Anda bisa tampil percaya diri saat bertemu dengan kolega Ketika menggunakannya untuk video call atau live streaming.

4. Performa Meningkat

Performa laptop ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Karena termasuk SoC dengan ARM yang merupakan chipset dari generasi kedua. Ada 8 inti yang dibagi 2 klaster dengan format 4 + 4. Format itu meliputi 4 inti performa sekaligus, 4 inti hemat daya.

Sedangkan kemampuan grafisnya terdiri atas 2 konfigurasi yang tidak sama. Yaitu GPU 8 core dan GPU 10 core. Bisa dibilang selain powerful, laptop ini juga memiliki efisiensi daya yang lebih baik daripada processor AMD dan Intel.

Bahkan kabarnya Macbook M2 2022 mempunyai peningkatan CPU hingga 40%, GPU 35%, dan memiliki kemampuan Neural Engine hingga 40% dari Apple M1. Tidak hanya itu saja, didalamnya juga terdapat 20 miliar transistor yang lebih banyak 25% daripada M1.

Untuk kapasitas RAM-nya sendiri mencapai 24 Gb dan 2 TB. Kemudian untuk chipsetnya mempunyai peningkatan bandwidth memori yang lebih baik sampai 100 GB per second. Ada juga hardware neural network dalam Neural Engine 16 core. Itulah kenapa laptop ini mampu menjalankan 15,8 triliun pengoperasian sekaligus di setiap detiknya.

Harga Macbook M2 2022

Untuk bisa mendapatkan semua fitur dan kelebihan di atas, Anda harus mengeluarkan uang sebesar 1199 USD atau setara dengan Rp17,3 juta. Ini adalah harga untuk Macbook M2 2022 yang dilengkapi dengan prosesor 8 core GPU. Sedangkan untuk 10 core GPU dibandrol dengan harga sebesar 1499 USD atau setara dengan Rp21,6 jutaan.

Baca Juga : Begini Review iPhone 13, Masih Tertarik Ingin Membelinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *