Breaking News

konsol game

Rekomendasi Konsol Game di Tahun 2023

Tak bisa dipungkiri, konsol game mampu bertahan di tengah popularitas game smartphones yang terus meningkat beberapa tahun ini. Pengalaman bermain game di gawai yang satu ini memang masih belum bisa digantikan oleh smartphone.

Terlebih jika Anda mempunyai konsol game yang tepat, pengalaman gaming yang Anda rasakan akan semakin maksimal. Paling tidak Anda akan merasakan audio yang lebih jernih dan grafis yang lebih tajam dibanding smartphone. 

Menariknya lagi, konsol game sekarang semakin bervariasi jenisnya. Mulai dari yang harus dipasang di rumah hingga yang portable, semuanya ada. Dalam artikel ini kami akan memberikan rekomendasi konsol game terbaik di tahun 2023.

13 Konsol game terbaik di tahun 2023

Apple TV 4K

Apple TV 4K adalah salah satu gawai yang mampu memindahkan game favorit di smartphone ke layar televisi. Selain itu, Anda juga dapat memakai iPad maupun iPhone untuk controller-nya. 

Untuk permainannya, Apple menyediakan lebih dari 100 judul game yang bisa langsung Anda mainkan. Beberapa di antaranya sudah dapat disambungkan dengan controller game lewat bluetooth. 

Xbox Series X

Microsoft menghadirkan Xbox Series dengan kelebihan yang sulit ditolak, yaitu mampu memainkan banyak game dari empat generasi Xbox. Dengan begitu, Anda dapat menikmati game favorit tanpa perlu membeli banyak konsol game. 

Tak hanya itu, Microsoft juga menyematkan fitur Smart Delivery game yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan versi paling kompatibel bagi gawai di rumah dengan satu kali beli saja. 

Xbox Series S

Rekomendasi selanjutnya ada Xbox Series S yang terkenal memiliki loading time cepat karena sudah menggunakan custom SSD. Ditambah lagi, Anda dapat melakukan pra-pesan atau pra-instal game terbaru yang akan segera rilis.

Lalu Anda juga dapat terhubung langsung ke Xbox Gamepass dan mendapatkan ribuan game yang siap dimainkan kapan saja. Kelebihan lain dari gawai ini adalah kemampuan menjaga suhu tetap stabil meskipun dipakai dalam waktu lama.

Oculus Quest 2

Oculus Quest merupakan gawai yang sudah dilengkapi dengan speaker berteknologi 3D. Dengan begitu, baik visual maupun suaranya akan mengikuti pergerakan Anda. Menariknya lagi, Anda dapat memindahkan visual-nya ke layar televisi untuk mendapatkan pengalaman gaming yang lebih seru. 

Salah satu judul game andalan yang tersedia di Oculus Quest 2 adalah franchise Star Wars. Jadi kalau Anda termasuk pecinta Star Wars, siapkan diri Anda untuk menjelajahi dunia Star Wars dengan cara yang baru. 

Hanya saja, sebelum membeli gawai ini, sebaiknya Anda membiasakan diri dulu dengan VR. Jadi Anda bisa tahu apakah Anda akan cocok dengan sistemnya atau tidak.

Nintendo Switch Oled

Dibanding Nintendo Switch lainnya, seri Oled ini mempunyai ukuran layar yang lebih besar, yaitu 7 inchi. Dengan begitu, Anda akan lebih nyaman saat menggunakannya. Yang lebih istimewa lagi, Nintendo Switch Oled memiliki kickstand yang lebar dan sudutnya dapat disesuaikan sesuka hati. 

Jadi kalau Anda termasuk penggemar sejati konsol Nintendo, langsung pilih Nintendo Switch Oled untuk menemani Anda bermain game di waktu senggang tahun depan.

PlayStation 5

PlayStation 5 adalah generasi terbaru PlayStation yang menarik perhatian banyak gamer ketika rilis di pasaran. Konsol yang satu ini mampu memainkan berbagai game baru dan sudah mendapatkan peningkatan sistem. 

Selain itu, Anda juga dapat bermain game dengan dual-sense wireless controller. Dengan controller ini, Anda akan merasakan pengalaman menyentuh langsung peralatan di dalam game. Seperti hentakan senapan atau tarikan busur. 

Jadi, jika Anda ingin merasakan pengalaman bermain game yang benar-benar memacu adrenalin, sebaiknya pilih PlayStation 5. 

Nintendo Switch Lite

Kelebihan Nintendo Switch Lite adalah beratnya yang tergolong ringan karena ukurannya relatif lebih kecil dibanding seri lainnya. Meski begitu, gawai ini masih mampu menampilkan grafis yang sangat tajam. 

Ditambah lagi, ada banyak game seru yang dapat Anda mainkan. Jadi tak perlu khawatir kehabisan stok game. Nintendo Switch Lite sangat cocok dibawa traveling untuk menghilangkan kebosanan sejenak. 

Nintendo Switch

Rekomendasi konsol game selanjutnya adalah Nintendo Switch yang tipenya hybrid. Artinya, gawai ini dapat dipasang di rumah maupun dibawa kemanapun Anda pergi. 

Untuk keperluan yang terakhir ini, Nintendo Switch dapat digunakan sekitar 4,5 jam hingga 9 jam. Tergantung game yang Anda mainkan. Sementara itu, jika Anda memilih untuk memainkannya di rumah, Anda dapat menghubungkannya ke televisi sebagai layar. 

Kemudian, Anda juga dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 2 TB karena kartu memorinya dijual terpisah. Jadi Anda bisa menyimpan banyak sekali game tanpa khawatir kehabisan memori. 

PlayStation 4 Slim

PlayStation 4 Slim memiliki keunggulan dari segi daya yang hemat bukan main. Gawai ini hanya menghabiskan daya sekitar 160 watt saja. Karena itu, PS4 Slim sangat cocok digunakan di rumah yang daya listriknya terbatas, seperti rumah sewa atau bahkan kos-kosan. 

Akan tetapi, PS4 Slim tidak memiliki audio optical port, sehingga Anda tidak bisa menghubungkannya ke speaker. Meski begitu, grafis dan kompatibilitas nya tidak bisa dianggap remeh. Anda dapat memainkan banyak game dengan konsol yang hemat daya ini. 

PlayStation 4 Pro

PlayStation 4 Pro atau PS4 Pro merupakan versi terbaru dari seri PS4 yang memiliki keunggulan FPS tinggi. Dengan begitu, game yang Anda mainkan akan terasa smooth dan cepat. 

Gawai ini juga sudah kompatibel dengan TV 4K sehingga tampilan grafisnya lebih maksimal. Anda bahkan dapat meningkatkan kualitas game beresolusi rendah di TV 4K. Nah, jika Anda termasuk fanboy PlayStation, tak ada salah memilih PS4 Pro sebagai konsol game andalan di tahun 2023. 

Nintendo 3DS

Rekomendasi berikutnya adalah Nintendo 3DS yang dilengkapi dengan fitur 3D Stereoscopic. Ini adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk bermain game 3D tanpa harus memakai kacamata 3D. 

Tentu saja, fitur ini sangat menarik dan wajib Anda coba. Terlebih, ada cukup banyak game yang kompatibel dengan fitur 3D tersebut. Misalnya seperti Super Mario 3D Land atau Zelda Link Between World.

Konsol ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin merasakan pengalaman bermain game yang seru. 

PlayStation Vita

Pada awal kemunculannya dulu, PlayStation Vita dianggap sebagai produk gagal oleh banyak gamer. Pasalnya, harga memory card untuk gawai ini sangat mahal. Namun setelah ditemukan adaptor memory khusus, mulai banyak gamer yang melirik gawai ini. 

Dengan PS Vita Anda dapat memainkan ribuan judul game seru, mulai dari game bawaannya, game PSP, atau bernostalgia dengan game-game PS1.

PSP Go

Rekomendasi konsol game yang terakhir adalah PSP Go yang ukurannya lebih kecil dan compact dibandingkan seri PSP lainnya. Dengan ukuran yang kecil, gawai ini lebih nyaman dibawa ke mana saja. 

Untuk game-nya sendiri, Anda bisa memilih game khusus PSP Go atau menginstall berbagai macam emulator. Mulai dari emulator Game Boy Advance, Super Nintendo, Sega Genesis, dan yang lainnya. 

Baca Juga : 3 Teknologi Handal untuk Membangun Aplikasi Mobile Multi Platform

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *