Breaking News

tiktok shop

TikTok Shop Jual Beli Cara Baru

Saat ini, hampir semua platform media sosial berlomba untuk menyediakan berbagai fitur keren dan menarik. Salah satunya adalah TikTok yang sudah semakin modern sejak menghadirkan TikTok Shop. Sebelumnya, aplikasi yang satu ini hanya bisa digunakan untuk menonton konten berupa video saja.

Anda juga bisa membagikan berbagai konten video dan mengumpulkan sebanyak mungkin follower dan like. Sekarang, Anda bahkan bisa berbelanja langsung di aplikasi TikTok. Kalau Anda punya bisnis yang sudah mengadopsi metode online, tidak ada salahnya membuka toko di aplikasi TikTok.

Raih Keuntungan dengan Jualan di TikTok Shop

Sebenarnya cara berjualan di TikTok kurang lebih sama saja dengan berjualan di berbagai ecommerce yang lainnya. Anda hanya perlu membuka toko di aplikasi ini untuk mulai berjualan. Pahami selengkapnya cara menggunakan TikTok untuk berjualan dan raih keuntungan berlipat ganda.

  • Kunjungi halaman khusus untuk penjual

Untuk bisa mulai berjualan di TikTok, Anda perlu mengaktifkan toko terlebih dahulu dengan cara mengakses halaman Seller Center. Anda bisa langsung memakai akun TikTok pribadi atau menciptakan akun baru khusus untuk berjualan di TikTok.

  • Membuat akun atau masuk ke akun lama

Kalau Anda belum pernah daftar TikTok Shop sebagai penjual, klik pada pilihan Sign up with TikTok Account. Tapi kalau Anda belum pernah punya akun TikTok sama sekali, buat akun baru terlebih dahulu dengan memilih Sign up with Phone & Email.

  • Lengkapi detail informasi toko

Setelah memberikan izin kepada TikTok untuk mengakses info akun TikTok kamu dan memilih negara tempat kamu berada, klik pada tombol Start Selling. Anda akan diminta untuk mengirimkan foto KTP kalau akan berjualan secara pribadi atau NIB kalau usaha Anda merupakan usaha yang sudah terdaftar.

TikTok juga akan meminta Anda untuk mengunggah setidaknya satu produk yang akan dijual di toko tersebut. Informasi lain yang harus diunggah ke TikTok Shop adalah kontak Anda dan alamat toko. Semua data ini akan digunakan untuk keperluan pengiriman dan perhitungan ongkos kirim.

  • Hubungkan akun dengan rekening

Langkah berikutnya yang sangat penting untuk dilakukan adalah menghubungkan akun TikTok dengan rekening bank. Data rekening bank ini akan dipakai untuk mengirimkan penghasilan yang Anda peroleh dari toko di TikTok.

Mudah sekali kan cara membuka toko di aplikasi TikTok? Sekarang Anda sudah bisa mulai berjualan dan mencari sebanyak mungkin pelanggan. Tapi jangan lupa untuk mengoptimalkan toko Anda agar penjualan semakin meningkat.

Optimalkan Penjualan di Toko Online Anda

Setelah selesai membuat toko serta menambahkan produk yang akan dijual di TikTok Shop, Anda pasti tidak sabar menunggu transaksi masuk dan menikmati penjualan yang semakin meroket. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar toko di TikTok semakin laris.

  • Optimasi katalog barang

Untuk mengoptimasi katalog, buka Shopping Tab yang ada di bagian utama toko TikTok. Buat Shopping Tab ini semenarik mungkin sehingga para calon pembeli akan lebih yakin untuk berbelanja di toko milik Anda. Unggah berbagai foto produk yang kualitasnya bagus.

Dengan begitu, katalog produk pun akan terlihat lebih rapi dan sangat menarik. Saat mengisi judul produk, Anda hanya diperbolehkan untuk menggunakan 34 karakter saja. Pastikan bagian judul ini memuat nama produk dengan jelas serta informasi dasar singkat.

  • Promosikan TikTok Shop

Anda juga perlu mempromosikan produk yang dijual di aplikasi TikTok. Ciptakan konten video dengan durasi pendek lalu unggah di aplikasi TikTok. Kreasikan konten tersebut sesuai dengan target pasar. Dengan begitu, promosi produk akan lebih terarah dan bisa menarik perhatian pembeli yang potensial.

Deskripsikan brand produk Anda di bio dan tambahkan call to action ke setiap produk di TikTok sehingga calon pelanggan akan segera diarahkan untuk belanja di toko Anda. Kalau Anda punya anggaran untuk promosi, gunakan iklan berbayar di TikTok untuk mempromosikan katalog produk.

  • Kolaborasi dengan influencer TikTok Shop

Perluas target pasar dengan menggunakan jasa para influencer yang mempunyai lebih banyak followers. Hal ini bisa membuat produk Anda lebih dikenal luas oleh para pengguna TikTok. Pilih influencer yang paling sesuai dengan produk yang Anda jual.

Misalnya kalau Anda menjual produk kecantikan, temukan influencer yang sering mereview berbagai produk kecantikan juga. Sehingga target pasar akan tetap terarah meskipun semakin meluas.

Mengirim Pesanan yang Masuk ke Toko

Setelah mengikuti berbagai langkah di atas, bisa jadi toko Anda akan kebanjiran pesanan dari para pembeli baru. Pastikan Anda memahami langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk segera memproses seluruh pesanan tersebut dan menjaga tingkat kepuasan konsumen.

  • Segera proses pesanan di TikTok Shop

Pesanan yang masuk dari konsumen bisa segera ditemukan di data Anda. Untuk memproses pesanan tersebut Anda bisa memilih salah satu dari dua cara. Cara yang pertama adalah memproses pesanan langsung dari aplikasi TikTok dan cara kedua adalah melalui situs web Seller Center TikTok.

  • Atur pengiriman ke konsumen

Jalankan aplikasi TikTok di ponsel Anda, buka bagian Profil, sentuh ikon tas, lalu siapkan pengiriman di bagian seller center. Setelah memasuki halaman Siapkan Kiriman, Anda akan segera memperoleh kode resi. Tuliskan atau cetak lalu tempelkan kod resi tersebut di paket yang akan dikirimkan.

  • Biaya pengiriman paket

Berapa ongkos kirim pesanan yang masuk ke aplikasi TikTok Shop? Sebagai penjual, Anda tidak perlu bingung menghitung ongkos kirim karena Anda tidak perlu membayar ongkos kirim saat menyerahkan paket ke pihak pengiriman. Yang perlu dilakukan hanyalah mempacking paket hingga siap dikirim.

  • Pilih metode pengiriman paket

Anda bisa mengirimkan paket melalui dua cara berbeda. Cara pertama adalah dengan mengatur penjemputan paket. Jika Anda memilih cara ini, tunggu jasa kirim datang dan mengambil paket dari toko atau rumah Anda. Atau pilih cara kedua yaitu mengantar paket ke jasa pengiriman.

Cara yang kedua jauh lebih baik karena paket bisa segera diterima oleh jasa kirim dan bisa segera dikirimkan ke pembeli. Dengan begitu, Anda dan pembeli tidak perlu menunggu untuk waktu yang lama.

TikTok Shop dengan Berbagai Keunggulan

Ada banyak keunggulan berjualan di aplikasi media sosial yang satu ini. Salah satunya adalah TikTok merupakan aplikasi media sosial yang punya banyak sekali pengguna aktif. Berdasarkan data dari ByteDance, pengguna aktif TikTok di Indonesia pada tahun 2022 saja sudah mencapai 90 juta lebih.

Berjualan di aplikasi yang digunakan oleh banyak orang akan memperbesar kemungkinan dagangan Anda laris manis. Keunggulan lainnya adalah Anda bisa memproses pengiriman yang masuk secara massal. Untuk melakukannya, Anda perlu memproses pesanan dari Seller Center di website TikTok.

Buka TikTok Shop sekarang juga dan optimalkan penjualan produk dengan mengikuti berbagai langkah sederhana di atas.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh TikTok Shop Seller hingga Proses Pengiriman

Leave a Reply

Your email address will not be published.