Breaking News

Marketing mix

Perkuat Bisnis Anda Melalui Penerapan Marketing Mix 7P

Bauran pemasaran, merupakan salah satu strategi pemasaran yang mampu membantu pelaku usaha dalam menentukan sebuah kesuksesan dalam bisnis. Marketing Mix 7P sendiri merupakan alat yang bisa dipakai untuk mengidentifikasi kelebihan dan mengatasi kekurangan bisnis. Kemudian menjadikan bisnis yang di jalankan menjadi lebih kompetitif serta mudah melakukan adaptasi dengan lingkungan sekitar. Yang lebih penting bisa melakukan sebuah kolaborasi yang memberikan keuntungan antara perusahaan dan mitra.

Mendirikan sebuah bisnis berpikir mendapatkan profit yang sangat besar, ternyata tidaklah semudah seperti membalikan telapak tangan. Butuh proses yang cukup panjang dan siasat yang bagus. Bisnis memang pekerjaan yang bisa dibilang adalah terapan, bukan hanya sekedar teori. Namun, dengan konsep ini mungkin Anda bisa mengerti bahwa teori ini merupakan bagian dari sisi strategis dalam berbisnis.

Oke di sini kita akan belajar lagi mengenai apa saja yang ada di dalam dunia bisnis dan ini bukan hanya sebuah konsep yang hanya bisa dikatakan melalui mulut atau dibukukan dalam sebuah jurnal atau handbook namun, sudah banyak pelaku bisnis yang akhirnya usahanya bisa besar karena memperhatikan konsep ini.

Di dalam Marketing Mix 7P ini ada tujuh elemen yang akan dijadikan alat untuk meningkatkan kemampuan bisnis perusahaan. Berikut ini adalah 7 point yang akan kita bahas dalam bauran pemasaran Marketing Mix 7P.

Marketing Mix 7P

Product 

Jika kita mengacu pada sebuah teori, produk merupakan hasil dari proses sebuah usaha yang nantinya akan ditawarkan kepada pembeli. Tujuannya guna mendapatkan sebuah pendapatan dan keuntungan dengan melihat keinginan juga kebutuhan pasar. Dalam strategi ini, Anda harus bisa menghasilkan produk dengan keunikan yang mungkin belum pernah dimiliki oleh pesaingmu. Keunikan yang ada di dalam produkmu pastinya harus bisa menjawab juga kebutuhan dan keinginan masyarakat. Dengan begitu, produk yang Anda tawarkan akan memiliki daya saing yang kuat.

Price

Price yang dimaksud disini adalah seberapa besar uang yang harus dikeluarkan pembeli terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Pembeli secara umum mau membayar apa yang Anda tawarkan apabila produk atau jasanya sesuai dengan apa yang mereka dapatkan. Oleh karena itu, harus dipastikan bahwa harga yang dipasang setimpal dengan apa yang didapatkan oleh pelanggan. Setidaknya bisa memberi mereka kepuasan yang berarti dari sisi servis yang diberikan.

Place 

Untuk point tempat ini, pada dasarnya mengacu kepada dimana perusahaan Anda berada. Kemudian dimana Anda memberikan pelayanan dan juga melakukan penjualan produk. Semakin strategis lokasi bisnis Anda, maka akan mempermudah pelanggan menemukannya. Namun, bagaimana jika Anda melakukan penjualan secara daring? Apakah lokasi tempat masih tetap memengaruhi? Nah, di sini ada satu pengecualian untuk penjualan melalui daring seperti di marketplace. Untuk menjawab point ini, maka Anda setidaknya harus membangun aplikasi yang akan dipakai oleh pelanggan seramah dan semudah mungkin. Memilikibeberapa point penting seperti mudah diakses, terpercaya, transaksi mudah dan barang sesuai dengan aplikasi.

Promotions 

Bagaimana cara kita bisa memasarkan produk atau jasa kepada pelanggan secara luas. Promosi ini menyangkut media apa yang digunakan, bagaimana cara penyampaiannya kepada calon pelanggan, dan berapa lama promosi akan dilakukan. Tujuannya untuk mengkomunikasikan bahwa kita memiliki produk baru, sehingga bisa dikenalkan kepada khalayak luas. Menginformasikan kelebihan produk dibandingkan dengan produk pesaing, serta memberi sebuah motivasi kepada pelanggan alasan mengapa mereka harus menggunakan produk tersebut.

People 

Orang di elemen marketing mix 7P ini diidentikan dengan sumber daya manusia (SDM) yang merupakan organ vital perusahaan. Tanpa adanya SDM, perusahaan tidak akan bisa bertumbuh. Oleh karena itu, jika Anda sebagai pemilik bisnis, maka saatnya untuk memilih SDM potensi yang bagus, cekatan, wawasan yang luas, profesional dibidangnya. Selain itu, agar bisnismu bisa berjalan dengan lancar, maka secara leadership Anda harus bisa menentukan mana karyawan atau SDM yang loyal atau justru sebaliknya, dan mana karyawan yang memiliki kinerja optimal dan sebaliknya. Ini semua demi keberlanjutan usaha atau bisnismu, jadi untuk masalah SDM, Anda perlu menentukan dengan baik, dan berikan KPI yang sesuai agar pekerjaan yang dilakukan benar-benar sesuai dengan tujuan perusahaan.

Process 

Elemen proses di sini bukan mengarah proses dalam produksi barang ya. Proses yang dimaksud adalah bagaimana perusahaan melayani permintaan yang diinginkan pelanggan. Mulai dari proses permintaan pelanggan terhadap produk, sampai kepada mereka bisa mendapatkan produk yang sudah dibeli tersebut.

Misalkan saja sekarang Anda sudah memiliki bisnis makasnan. Anda memperbolehkan pelanggan untuk self service atau menyajikan makananya sendiri. Dengan begitu, ini justru akan menyenangkan pelanggan, karena mereka bisa mengambil makanan sesuai dengan selera. Setiap perusahaan memiliki cara masing-masing dalam proses melayani pelanggan.

Physical Evidence

Untuk bagian ini, berhubungan dengan penataan fisik bangunan usaha Anda. Jadi, desain tata ruang perusahaan yang menjalankan bisnis itu sangat memengaruhi reaksi atau mood seorang pengunjung ketika berbelanja atau menggunakan jasa Anda. Jangan sampai kondisi ruangan yang Anda pakai untuk berbisnis berantakan dan secara visual tidak memberikan kenyamanan kepada pelanggan. Di dalam marketing mix 7P ini visual akan berbicara banyak untuk pelanggan Anda.

Nah, dari 7 Elemen dalam bauran pemasaran tersebut. Semuanya bisa Anda terapkan dan Anda pertimbangkan, mau dibuat seperti apa bisnis Anda saat ini. Hal ini sangat penting sekali demi keberlanjutan usaha Anda. Saat ini banyak sekali perusahaan berkembang yang sudah mulai memperhatikan bauran pemasaran agar bisnisnya menjadi lebih terarah. Sekarang, saatnya Anda menerapkan cara ini.

Baca Juga : Marketing Funnel dalam Bisnis, Teknik, dan Urutan

Leave a Reply

Your email address will not be published.